Teknologi informasi dan komunikasi Ihsan 8G 26

Teknologi informasi dan komunikasi

Ihsan 8G 26




1. Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik, Anda bisa mengoperasikannya lewat perangkat komputer. Untuk pembuatannya sendiri, perangkat ini memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang pemrogram/orang yang ahli akan bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat tersebut dikompilasikan memakai aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware/ perangkat keras. Yang dimaksud hardware/perangkat keras disini adalah Personal Computer/komputer.

Kemudian perangkat lunak yang ada pada perangkat keras tersebut merupakan nyawa dari komputer itu sendiri. Dengan begitu, tanpa menginstall sistem operasi tersebut komputer Anda pun tidak dapat dijalankan. Pasalnya, dengan software itulah yang merupakan suatu perintah program untuk menjalankan kebutuhan pada sebuah komputer.    

2. macam macam aplikasi pembuat laporan

a. aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengolah dokumen yang berisi karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan beberapa halaman membentuk sebuah naskah/ (file atau dokumen) contoh aplikasinya yaitu word, google docs, notepad++, dll.

b. aplikasi pengolah angka digunakan untuk mengolah sebuah lembar yang berisi angka, text, dan formula. contohnya excel, google sheets, dll

c. Aplikasi Pengolah Presentasi digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Contoh Aplikasi Pengolah Presentasi adalah Microsoft Powerpoint, Google Slide, Canva, dll

3. Dalam membuat laporan, tidak jarang user mengutip bahan dari sumber bacaan, atau memindahkan objek dari aplikasi lain. Pada semua aplikasi pengolah dokumen terdapat fitur cut (potong), copy(salin), dan paste(tempel). Pada aplikasi komputer, perintah cut digunakan untuk memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpanan sementara. Perintah copy akan menyalin teks atau objek lain dan menyimpannya ke dalam buffer. Perintah paste akan memindahkan objek dari buffer ke dokumen tujuan.

plikasi bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat dokumen dengan mudah, satu perintah dapat

dilakukan dengan berbagai cara, dan user dapat memilih cara yang menurutnya paling mudah. Contohnya adalah dalam melakukan perintah copy terdapat beberapa cara sebagai berikut:
1. Menekan tombol keyboard (ctrl+c)
2. Memilih sub menu "copy", biasanya terdapat pada menu "edit"
3. Klik kanan mouse dan pilih "copy"
4.Memilih objek atau memblok objek kemudian ketikan copy pada "Tell me what you want to do"



b. memformat teks

1. Pilih teks yang ingin Anda format (blok).
2. Pilih opsi untuk mengubah font, ukuran font, warna font, atau buat teks tebal, miring, atau bergaris bawah, dll.



C. memasukan gambar
untuk memasukan gambar ke dalam dokumen, kalian dapat menggunakan menu insert dan memilih lokasi penyimpanan



Selain itu, jika kalian ingin memasukan gambar dari screenshoot, kalian dapat menggunakan PrtSc pada keyboard, selain itu kalian dapat mengambil gambar sebagian layar dengan menggunakan aplikasi snipping tool pada windows, kalian dapat membuka langsung aplikasi snipping tool atau dengan menekan shortcut windows+shift+s

e. mengatur halaman
Bagi para pelajar, pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Word. Software ini sudah lama membantu manusia dalam menyelesaikan tugas sekolah, seperti karya tulis. Salah satu fitur yang bisa bisa kita dapatkan dari Microsoft Word adalah ketika hendak memberi halaman atau nomor halaman pada dokumen Word. Meski cara memberi halaman pada Word sebenarnya mudah dilakukan, namun masih ada beberapa orang yang mungkin memberi halaman secara manual dengan cara diketik sendiri. Untuk memberikan halaman pada dokumen, kalian dapat menggunakan menu Insert, lalu memilih page number, dan menentukan posisi halaman. Untuk memilih format penomoran, klik Page Number, lalu pilih Format Page Number.

e. melakukan sharing file
Apakah ini terdengar sangat akrab? Kamu mengirim sebuah file ke teman kelompokmu melalui email. Mereka menambahkan umpan baliknya, lalu Kamu harus memadukan komentar dan perubahan ke filemu yang asli. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia, banyak aplikasi yang bisa diakses secara offline maupun online, contohnya seperti Microsoft 365. Jika kamu memiliki akun di SharePoint atau Microsoft OneDrive, Kamu bisa menyimpan file, seperti dokumen Word, ke salah satu tempat tersebut, lalu gunakan perintah bagikan untuk memungkinkan orang lain membaca atau mengedit salinan file tersebut. Dengan demikian, kalian dapat saling berkolaborasi tanpa batasan ruang dan waktu.




Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8 Ihsan 8G 26